Bagaimana supaya PC bisa “ngobrol” dengan PLC? (seri 1)

(Masih meneruskan puasa ngeblog selama 1 bulan :) ..)

Jika pada posting yang lalu saya menjelaskan tentang serba – serbi komunikasi serial di PLC Omron, maka pada posting kali ini saya akan bercerita tentang cara membuat PC dan PLC tersebut bisa “ngobrol” 1 sama lain.

AX055372

Pada mulanya..

Untuk mempermudah Anda, anggaplah PLC ini sebagai alat yang “bodoh” dan hanya menunggu perintah dari PC (note : tentu tidak semua PLC seperti ini). Jadi PC akan memberi perintah (command) dan PLC akan memberi respons secara otomatis. Demikian seterusnya berulang – ulang. Adapun perintah yang diberikan PC ini hanya terdiri dari : READ dan WRITE. Berikut gambarannya.

Picture1

Adapun data – data yang dikirim oleh kedua alat ini ialah berbentuk “paket data”, artinya sekumpulan data yang telah disusun dengan ketentuan tertentu. Maka jika digambarkan lebih jauh, gambar berikut akan muncul.

Picture2

Tentang paket data..

Bagaimanakah bentuk paket data yang dikirimkan oleh PLC? Perhatikan gambar berikut.

Picture3

Dari gambar di atas terlihat bahwa paket data harus berisi :

  • Nomor identitas PLC
  • Jenis operasi yang akan dilakukan (READ/WRITE)
  • Alamat tujuan (yang akan dibaca atau ditulisi)
  • Data itu sendiri
  • Frame Check Sequence, aturan pengecekan kesalahan, akan dibahas nanti
  • Terminator

Paket data yang diterima (secara otomatis) dari PLC akan terlihat hampir sama, yaitu :

Picture4

Hampir semua isinya sama dengan paket data sebelumnya, hanya saja ada bagian “end code” yang akan menunjukkan apakah pengiriman data berjalan dengan baik atau tidak.

Lalu bagaimana? Nantikan posting seri berikutnya.. :)

About these ads

139 thoughts on “Bagaimana supaya PC bisa “ngobrol” dengan PLC? (seri 1)

  1. Aak

    Salam kenal Mas,
    Saya seorang Engineer dibidang electrical mechanic instrumentation perusahaan kontraktor disurabaya, saya selalu ketemu yang namanya PLC. suatu hari saya di bertemu dengan teman lama saya yang sekarang di berprofesi sebagai Guru Listrik di SMK dia pingin tau cara bagamana PLC bisa menbaca dan menulis data analog (4-20mA atau 0-10VDC),masalahnya saya pakai PLC type rack (AB, LS, Omron) yang sudah ada Function Block Instant-nya untuk analog I/O sedangkan teman saya punya PLC Omron CPM2A dan CPM1A MAD01.
    Maklum saya belajar PLC dan Semuanya otodidak (tidak formal),saya waktu kuliah gak ada sama sekali mata kuliah PLC,Tolong saya ingin tahu contoh Instruksi apa aja dan Laddernya.

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Salam kenal juga mas Aak,
      Untuk bisa membaca dan menulis data analog, suatu PLC harus memiliki analog Input/Output. PLC Omron CPM2A dan CPM1A adalah PLC compact yang (setahu saya) tidak memilikinya (hanya memiliki I/O diskrit) dan tidak bisa ditambah juga. Mohon koreksi saya jika salah.
      Nah, jika masih ingin memasukkan / mengeluarkan I/O analog, maka kita harus menambahkan ADC/DAC eksternal, sehingga input dan output diskrit PLC bisa diubah menjadi analog. Baru setelah itu kita bisa menggunakan instruksi – instruksi analog untuk memanipulasi datanya. Namun cara ini juga punya kelemahan, yaitu (umumnya) alamat I/O akan habis hanya untuk penerapan 1 analog device, sehingga tidak bisa dipakai untuk kebutuhan lain lagi.

      Semoga gak tambah bingung mas :).. Salam..

      Like

      Reply
      1. aak

        Mas Handyw,
        CPM1A-MAD01 itu adalah exp. unit untuk analog I/O, jadi CPM2A bisa ditambah I/O-nya.intinya saya mau tanya gimana caranya PLC bisa membaca input analog (chanel) ?

        Like

        Reply
        1. handyw Post author

          Mas Aak,
          Trims infonya. Nah, jika ada exp. unit untuk Analog I/O, berarti pasti ada alamat khusus masing – masing. Coba cek di manualnya.
          Setelah itu bisa menggunakan perintah : MOVE yang akan memindahkan isi data dari ALAMAT ASAL (alamat analog I/O) ke ALAMAT TUJUAN (biasanya diletakkan di alamat internal relay, sehingga bisa dimanipulasi lebih lanjut).
          Demikian mas.

          Like

          Reply
  2. rozan.a

    salam kenal mas
    saya sedang nyusun tesis dengan judul perancangan sistem komunikasi antar PLC, merek omron, dalam hal ini saya sedang bingung tentang sistem komunikasi data yang digunakan. untuk itu mohon apa-apa saja lmateri yang saya siapkan, atau persiapan apa saja yang perlu disiapkan spt referensi .atau ada saran
    thanks atas perhatian dan bantuannya

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Salam kenal juga mas Rozan,
      Anda menggunakan PLC Omron tipe apa? Yang perlu anda pelajari (menurut saya) : manual PLC yang berhubungan dengan komunikasi serial (umumnya). Jika menggunakan modul komunikasi khusus, anda juga perlu baca manualnya baik – baik.
      Maksudnya Anda membuat 2 (atau lebih?) PLC bisa “bercakap – cakap”? Tanpa PC? Jika tidak ada PC, berarti perlu Mikrokontroler untuk mengatur “percakapan” tersebut. Jika iya, tentunya perlu belajar tentang mikrokontroler dan komunikasi serialnya.
      Semoga bisa membantu..

      Like

      Reply
      1. arief

        selamat pagi mas handy, saya mau nanya nih apakah ada syarat spec laptop yang cocok untuk setting rogram PLC. di tempat saya kerja ada problem tiap usb dikonek ke mesin yang mau diprogram bagian mouse sering bergerak sendiri sehingga jadi kendala saat melakukan input program ke mesin PLC padahal dilaptop saya yang lama bisa, mohon sarannya mas handy spec ato laptop seri apa yang cocok buat plc, terimakasih sebelumnya

        Like

        Reply
        1. komarudin

          mungkin groundingnya nggak bagus <biasanya ini terjadi pada mose yang terdapat di laptop,untuk akalin nya coba pake external mouse ,yg di laptop tidak dipungsiin

          Like

          Reply
        2. Handy Post author

          Salam Mas Arief, spec umum setahu saya tidak ada. Tapi memang masing – masing PLC biasanya menyertakan spec minimal di manual masing – masing. Jadi bisa dicek di situ. Masalah yang terjadi biasanya karena PLC ada yang masih menggunakan komunikasi serial, sedang laptop atau komputer yang baru biasanya sudah tidak ada port serialnya.

          Like

          Reply
  3. Aak

    Thanks, you are really teacher.btw saya dulu punya guru juga yang ngajarin saya PLC,namanya antoni dia juga alumni petra.

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Sama – sama Mas..
      Btw, saya dulu punya mhs bimbingan TA (& asisten lab) namanya antoni susiono, juga sebelumnya ada antoni muliadi.. Mungkin cocok? :D
      Salam..

      Like

      Reply
  4. fathoni

    permisi mas Handy :)

    @mas Aak : misalnya analog input mas letakkan expansionnya setelah PLC Compact CMP2A, maka alamatnya yaitu CH2 , nah CPM1A-MAD01 adalah analog 8 bit (255 dec), nah nilai itu yang mas scaling, pelajari rumus regresi linear, jadi 0 decimal menunjukkan 0 Volt, sedangkan 255 decimal menunjukkan 10 Volt, kalo PLC yang besar seperti CJ1M emang udah disiapin blok functionnya cuma kalo tipe CPM harus bikin sendiri, gak susah kok (regresi linear) ==> (y2-y1) / (y-y1) = (x2-x1) / (x-x1)
    contoh untuk pengukuran 10 Volt
    y = nilai yg kita cari, y2 = 10 Volt, y1 = 0 Volt, x = nilai analog yang kebaca, x2 = 255, x1 = 0

    sebelum itu juga kita harus setting nilai konfigurasinya untuk mengukur 0-10 Volt maka harus mengirimkan nilai #FF00 ke channel 10, kalo 4-20 mA saya lupa, maklum udah lama gak pegang omron lagi, tapi di manual omronnya ada contoh settingannya kok :)

    cuma segitu aja dr saya sisanya mas kembangin ndiri :)

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Nahh.. ini baru expert n praktisi :D
      Trims bantuannya mas Fathoni.. Pasti banyak mbantu mas Aak..

      Like

      Reply
    2. Gordon

      salm knl mas bro…
      gmn cranya spy PLC yg sy gnkan bz terbaca pada Software (cx-programmer) yang sya gunakan, krn tipe PLC yang sy gunakan tdk ada di aplikasi PLC cx-programmer.
      type PLC yg sy gnkan adalah OMRON CP1E.

      Like

      Reply
        1. hari

          saya pake cpm2a dengan software cx prog v9.3
          dengan com port usb to serial.. driver dah oke (tidak ada eror) di devicenya tapi kok masih aja gk mau komunikasi ya?

          Like

          Reply
          1. orgbetawi

            Udah yakin blom port yang diseeting benar (com?)
            Kabelnya udah bener belum configurasinya
            Dari usb serial ke plc
            2-2,3-3 ,5-9 dan di sisi usb 7sama 8 di sambung ,disisi plc 4ama 5 di sambung

            Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

            Like

  5. aak

    Terima kasih mas Fathoni n Mas HandyW, semoga bangsa kita SDMnya lebih maju berkat Guru-guru yang cerdas.mudah mudahan kelak bukan mahasiswa saja yang dapat melainkan anak SMK juga mendapatkan pendidikan PLC tingkat lanjut. Salute to indonesian PLC expert.

    Like

    Reply
  6. Hr_Asb

    Mas Saya punya PLC sangat jadul karena memang mesinnya juga sudah jadul Made in korea.Type PLC nya Goldsec MOJ2-CPU apa nama software PLC ini agar bisa memprogram PLC dengan komputer,Thakns
    Salam Kenal

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Salam kenal mas Santoso.
      Maaf sebelumnya karena saya juga tidak tahu..
      Mungkin ada teman – teman lain yang bisa bantu?

      Like

      Reply
    2. Rahman

      type plc goldsec MOJ2-CPU, gak bisa di program dengan PC. karne memang tidak ada sofwarenya,,,satu-satunya cara pake Handy Loader….

      Like

      Reply
      1. yedi_s

        goldsec MOJ2-CPU,dia itu mitsubishi tapi di bikin oleh LG ,ada kok editor klo gak salah ada 2 macam ke2 2 nya under dos saya pernah pake tp nama sw nya lupa

        Like

        Reply
    1. handyw Post author

      Salam kenal mas Endar..
      Saling berbagi aja mas. Saya sudah lihat situsnya mas, semoga terus berkembang dan gak berhenti belajar.
      Thanks..

      Like

      Reply
  7. endar

    makasih mas. saya selama ini bekerja di maintenance background saya mechanical kebetulan saat ini diberi kepercayaan untuk mengelola control system maksud saya plc, scada dll. hal tersebut baru bagi saya terutama pemrogramannya meskipun pernah nyoba tapi tidak intens.. sekarang harus belajar lebih keras lagi
    sekali lagi thanks

    Like

    Reply
  8. Aak

    Haloo Mas,
    ketemu lagi oya mas, saya pernah baca file PDF mas tentang mengubah data BCD ke Binary untuk membaca I/O analog. misal kita aritmatika kita langsung pake perintah Signed Binary sama aja gak?

    Like

    Reply
  9. vian

    salam kenal mas
    mau sharing aja

    Untuk implementasi dilapangan untuk ngobrol antar PLC, protocol yang biasa digunakan yaitu modbus. modbus digunakan karena protokol standart yang banyak disupport oleh vendor PLC dan bersifat terbuka.

    Ketika saya ikut dalam sebuah projek, sering kali saya harus mengintegrasikan PLC/DCS yang saya gunakan dengan PLC yang lain ataupun subsystem . Sering kali dalam meeting dengan kontraktor saya meminta PLC yang lain untuk support modbus dan meminta address yang digunakan.

    Modul PLC yang sering digunakan yaitu modul analog input (AI),analog output (AO), digital input (DI), digital output (DO), RS232/485 (untuk komunikasi ke device lain).

    i was engineer

    Like

    Reply
  10. dani

    Salam kenal maazz dari makassar

    Saya ingin mencoba komunikasi antara cpm1a dengan cpm1a, namun sampai saat ini belum bisa, walaupun sudah mengikuti manual yang ada. Tolong yaaa

    Like

    Reply
  11. abimanyu

    salam kenal mas handy…saya seorang pemula di bidang pemrograman plc omron ditempat kerja saya.saya ingin sharing dengan mas handy tentang pembacaan sinyal analog dari temperatur control yang ingin saya monitor dengan input sinyal range nya 4ma-20ma.kami menggunakan plc type C200HE dan AD003..tetapi pada saat scaling nilai input dari temperatur control menunjukkan nilai yang berubah terus naik sampai nilai maksimal FA0.apakah hal semacam itu memang wajar?terus bagaimana dengan pembacaan nilai dari temperatur yang aktual?tolong pencerahan dari mas handy atau sapa yang tahu tlg bantu saya…trims

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam kenal juga mas Abimanyu..
      Saya belum pernah main – main dengan temperatur controller-nya Omron. Namun saya coba beri pendapat.
      Umumnya fungsi scaling digunakan untuk mempermudah pembacaan sinyal. Jika penskalaan dibuat 1:1, tentunya nilai aktual yang akan muncul.
      Untuk mengatur rasio skalanya mestinya bisa dicari di manual temperature controller-nya.
      Apakah nilai yang terus naik sampai maksimal itu wajar? Ya kalau aktualnya naik, pasti hasil scaling ikut naik. Jika scaling terlalu besar (misal : range alat 0 – 100. trus nilai aktual 0 – 20, saat penskalaan diberi rasio 10:1, sehingga waktu nilai aktual = 10, maka hasil skala sudah 100/maksimal), tentunya nilai juga bisa langsung maksimal.
      Jadi dicek aja dulu rasio skalanya.
      Begitu menurut saya..
      SAlam

      Like

      Reply
      1. aak

        numpang jawab,
        kalau gak salah temperatur controller Omron kn uda ada Function Blocknya sendiri untuk Read n Writenya?

        Like

        Reply
        1. orgbetawi

          nggak semuanya ada mas kecuali yang ada port komunikasinya yang biasanya optional.
          ketika pembacaan naik terus itu nggak normal ,untuk di AD coba di cek input settingnya volt atau ampere pada switchnya atau pakai cx programmernya untuk mencek

          Like

          Reply
  12. koomarudin

    to mas abimanyu
    untuk mengatasi hal ini kita harus scaling data tersebut
    4ma mewakili 0 drajat dan 20 ma mewakili maksimum temperature yang akan kita cek kalau hal ini tidak dilakukan kemungkinan nilai yang tertinggi dari 20ma itu bukan nilai maksumium temperature yang kita inginkan

    Like

    Reply
  13. koomarudin

    to mas abimanyu
    saya lupa menayakan keluaran dari temperature kontrol bisa tahu tidak apa typenya keluarannya dan keluaran 4-20ma

    Like

    Reply
  14. Muliadi

    To Mas Abimanyu,
    Apabila anda mengunakan Temp control dan AD003, hasilnya pasti akan seperti itu, dan itu wajar. Karena kerja Temp control memang sprt itu. Kalau anda mau mendapatkan suatu nilai dari suhu, seharusnya anda menggunakan C200H-TS001. Thermocouplenya langsung diinputkan ke modul ini.
    Semoga bermanfaat.
    Salam.

    Like

    Reply
  15. hadi

    Mas, saya sedang mempelajari PLC dan SCADA. PLC yang digunakan adalah Modicon M340. Saya ingin menanyakan, bagaimana PLC bisa ‘ngobrol’ dengan PC? via Ethernet, dengan program Visual Basic.
    Saya sudah bisa connect ke PLC, tapi belum tahu bagaimana cara mengambil data dari address PLC (misal di address %MW100)?

    Bila berkenan, saya minta email-nya mas,
    terima kasih.

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Hadi, saya belum pernah pakai Modicon M340, tipe PLC baru dari Modicon.
      Seperti saya sampaikan, tidak semua PLC bisa diakses dengan software buatan sendiri.
      Yang kami punya Modicon TSX Micro, dan PLC ini gak bisa dibaca lewat VB.
      Saat saya coba cek di brosur M340, ada bagian yang menyatakan bisa diakses dengan VB atau C++, jadi ada kemunghkinan bisa.
      Coba aja dibaca baik – baik berbagai manual yang berhubungan dengan M340, mungkin Anda bisa menemukannya.
      Salam..

      Like

      Reply
    2. Fathoni

      ikut nimbrung mas :)

      untuk mas hadi… gak ada yg gak mungkin mas, semua pasti bisa
      untuk berhubungan antara PLC dengan VB ada 3 cara yg bisa dilakuin , nie menurut saya sih :
      – tembak port langsung
      – lewat DDE bawaannya windows
      – lewat OPC

      untuk tembak port langsung biasanya ada format datanya :) dan code untuk send dan receive
      untuk DDE dan OPC mas harus cari tuh OPC dan DDE Server untuk M340, banyak kok sekarang bertebaran OPC dan DDEServer, nah kalo yg ini programmingnya lebih mudah dibanding yang pertama :)

      kalo OPC dan DDE Servernya udah ketemu mau diakses pake excel/word pun bisa, selama OSnya masi windows :)

      sekedar sharing aja…………

      Like

      Reply
      1. hadi

        Terima kasih banyak atas saran Mas Handy dan Mas Fathoni.

        Setelah lama mencari, akhirnya saya mendapat jawabannya.
        Ada contoh Project VB yang ternyata bisa dipakai untuk komunikasi PC ke PLC saya (Modicon M340). Saya dapat dari sini : http://www.modbus.pl/vb.htm

        Terima kasih.

        Like

        Reply
    1. Tresna

      biasanya di intouch terbaru (saya lupa mulai versi berapa, saya pakai yg versi 10), disertakan dengan CD/DVD Device Integration. Nah didalamnya ada software sebagai perantara antara PLC dan InTouch. Dari yang saya baca, Omron untuk stand alone mode, untuk CJ1, menggunakan Wonderware OMFINSEthernet DAServer.

      Kalau kurang jelas mungkin bisa tanya ke trimaxindo. atau coba kontak di http://trimaxindo.blogspot.com/

      Semoga dapat membantu

      Like

      Reply
      1. ihsan

        oh gitu ya,,,, kalo konfigurasi omronhl gmana mas untuk plc cpm1A saya masih bingung pada item namenya,,,, alamat plc sya suka ga terdeteksi oleh in touch,,,,
        sbgai contoh: pada ladder plc input 0.00 menyalakan output 10.00,,, tapi ketika dibuat pada tagname in touch,,, switch (I/O Discrete) untuk IR000.00 dan lamp (I/O Discrete) untuk IR010.00 kemudian sya Runtime,,, pas neken switch kenapa lamp nya ga nyala???? tolong beri penjelasan,,, hehe,,, makasih mas

        Like

        Reply
          1. Fathoni

            konfigurasi nya kayaknya bener, atau bisa di baca di help IOServer (OmronHL) dan DAServer (DASOMHL), tapi kalo saya liat logika mas juga salah, IR000.00 itu khan terhubung ke logika luar (fisik sensor/input), sedangkan address itu juga mas buat sebagai switc/button di HMI, ya gak bisalah “input di control”, jadi sebaiknya di logika PLCnya dibuat sperti ini menggunakan internal memory (IR 200.00) yang dipararel dengan IR000.00 untuk mengaktifkan IR 010.00, jadi di switch HMI nya address IR 200.00 sedangkan aktifkan dari input fisik/sensor yaitu address IR 000.00 …

            maaf mas handy kalo lancang kepanjangan nie :)

            Like

        1. Handy Post author

          Mas Ihsan, yang perlu dikonfigurasi :
          1. InTouch : tipe tagname diganti dengan I/O semua, application name (di bagian access name) : OmronHL, item name diisi yang tepat (bisa lihat help OmronHL).
          2. OmronHL : comport dan protokol serial oke, topic name yang diatur sama dengan topic name yang dibuat di InTouch.

          Untuk alamat, coba jangan diberi titik, misal : IR00000, karena aturan pemberian alamat –> NNCCCBB

          Penjelasan mas Fathoni benar juga, kalau anda mencoba menyalakan input tentu tidak bisa. Coba dulu mendisplay status tombol dan lampu PLC di layar, jangan mengaktifkan apa – apa dulu.

          Selamat mencoba..

          Like

          Reply
          1. ihsan

            oh siplah kalo begitu,,, mas mau tanya lagi,,, mengenai Tugas akhir sya yaitu komunikasi serial 2 PLC OMRON CPM1A dengan CPM2A kemudian dihubungkan dengan in touch,,, kalo komunikasi 2 plc tsb sya udah bsa,, tapi masalahnya pada pengalamatan plc 1 dan plc 2 di in touch gmana??? sya bingung,,, hehe,, mohon penjelasannya

            Like

  16. teja

    saya mahasiswa sedang TA. pak mau tanya, saya dapat tugas membuat pengatur jarak dengan PLC Omron CPM1a, gimana caranya supaya jarak dapat diatur melalui komputer pak???jadi saat kita berikan input 2 meter, maka plc akan mengaktifkan bergerak sejauh 2 meter???
    terima kasih sebelumnya…

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas teja, pertanyaannya dari sisi komputer atau PLCnya nih?
      Jika dari sisi komputer, ya anda harus buat program yang dapat mengirimkan data jarak ke PLC.
      Jika dari sisi PLC, setelah menerima data dari komputer, anda buat program untuk menggerakkan sesuatu tersebut sampai 2 meter. Gerakan bisa diatur dengan timer (dengan resiko kurang presisi), atau ada sensor yang memastikan jarak 2 meter tercapai (yang ini lebih tepat).
      Semoga membantu..

      Like

      Reply
    2. orgbetawi

      biasanya kalu yang sederhana menggunakan rotary encoder dan high speed counter dari cpm1a itu sendiri ,tapi kalu yang lebih presisi menggunakan motor servo itu juga udah bisa dihandel sama cpm1a

      Like

      Reply
  17. teja

    matur nuwun pak, pengenya dari PLC-nya..
    saya menggunakan sensor sebagai tanda dan aplikasi counter dari plcnya…
    nah saya juga terkendala membuat program ladder yang pas gitu pak…
    karena requestnya, jarak yang ditempuh bisa diubah2 lewat komputer..
    menurut bapak2gimana???

    Like

    Reply
      1. orgbetawi

        betul kata mas handy kita harus tahu sensornya
        linear apa rotary ,untuk datanya nanti tinggal dicompare antar data dari kompi dengan data pengukuran dari sensor

        Like

        Reply
  18. Ramdan

    mas sya mau tanya,,, PLC sy CPM1A truz analognya MAD01, sya mau menampilkan analog sya di InTouch Wonderware tapi setelah dicoba kenapa ya InTouch tidak bsa,,, padahal sy sudah set tagname nya di I/O Real,,,, sya gunakan value display analog tapi tetap saja tampilan di InTouchnya 0 dan 1,,, kenapa ya???? apa Analog MAD01 tidak bsa digunakan???

    Like

    Reply
  19. Angga

    Salam kenal Mas Handy.

    Mas, mau nanya nih. Bagaimana cara membuat PLC mampu membaca keluaran dari encoder. Sehingga di HMI-touchscreen tertera nilainya. Misal untuk 1 putaran penuh tertera 360 derajat, untuk stgh putaran tertera 180, dst. (FYI: saya pake Omron CP1H, encoder autonic E50S8-360)

    thx..

    Like

    Reply
    1. komarudin

      sory ikut nimbrung lagi
      untuk kabel encodernya koneksi ke terminal 0,1,2
      dan untuk plcnya setting diparameternya seting
      seting pada builtin inputnya nya
      centang pada use built in use high speed counter 0
      pilih circular kalau untuk putaran 360

      Like

      Reply
  20. Nilma

    Salam kenal mas-mas master PLC.

    Saya mau bertanya tentang cara menggunakan Temperatur Controll( contoh CJ1W-TC, dsb) di PLC omron? maksud saya bagaimana laddernya, komunikasinya, bagaimana supaya keluaran termokopel bisa dibaca dan diolah oleh PLCnya? dan bagaimana supaya elemen pemanas mampu bekerja sesuai paramaeter suhu yang saya bmasukkan lewat HMI?

    terima kasih.

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Nilma, saya belum pernah make tuh..
      Btw, sudah baca manual asli dari modul PLC tersebut?
      Biasanya di situ sudah lengkap..
      Untuk “melemparkan data dari HMI”, (kemungkinan) data masukan kita kirim ke PLC, dan diletakkan di alamat input analog modul yang bersangkutan..
      Semoga sedikit membantu..

      Like

      Reply
      1. komarudin

        wah ceritanya nanti jadi panjang
        untuk cj1w-tc kita harus seting addres dan parameternya
        sedang temperature control yang terpisah harus ada komunikasi portnya contoh e5cn
        kalo ladernya nggak bisa digambar disini
        kalo mao manualnya saya ada (1,8 mb)
        kalo parameter suhunya bisa lewat hmi
        tinggal dibanding aja antara data dari temperature dengan data setting kita

        Like

        Reply
        1. Handy Post author

          Mas Komarudin, menurut saya baik sekali kalau mas mau membuatkan semacam manualnya.. Pasti banyak yang membutuhkan.
          Bisa mas letakkan di blog mas, atau kalau mau nitip share di blog ini juga silakan.. :)
          Trims

          Like

          Reply
        2. Nilma

          iya mas.. tampilkan saja manualnya.. pasti akan sangat membantu buat saya dan juga teman2 yang lain. terima kasih.

          Like

          Reply
  21. William

    Salam Pak Handy;
    Mau tanya pada Pak Handy mengenai koneksi wonderware pada PLC CJ1M CPU21 menggunakan OMRONHL dengan menggunakan DASOMFINSSerial bagus yg mana ya?Lalu saya ada masalah dengan menyalakan output PLC dari Wonderware dengan PLC yg sama menggunakan OMRONHL apakah Pak Handy bisa membantu? saya mencoba dengan alamat tagnya CIO000200 untuk menyalakan outputnya... 
    Terima Kasih.

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Saudara William, mohon maaf karena di lab saya PLCnya masih “tuwir”, jadi cuman pake CPM1 atau C200HS yang I/O Server cukup pake OmronHL..
      Kalau bagus yang mana, harusnya DASOMFINSSerial lebih bagus karena protokol, dll lebih baru. Cuman apakah PLCnya support?
      Untuk alamat tag/item, di Help OmronHL ada aturannya tolong dicek dulu.
      Semoga dikit membantu..

      Like

      Reply
      1. William

        Pak Handy saya sempat mencoba dua-duanya baik omronHL maupun DASOMFINSSerial, memang lebih baik menggunakan DASOMFINSSerial, akan tetapi muncul permasalahan baru, koneksi DASOMFINSSerial dengan PLC berlangsung paling lama 1 jam saja, kira-kira apakah Pak Handy pernah mengalami problem semacam ini?

        Like

        Reply
  22. ali rif

    mas saya ada masalah plc modicon m340 yang terkunci programnya. ada gk cara agar plc itu bisa terbuka kuncinya? atas bantuannya saya sampaikan terimakasih

    Like

    Reply
  23. arif

    pak handy..
    saya tertarik bgt bljr scada..
    saya sudah pernah belajar plc omron cpm 1A..
    tapi saya masih bingung untuk belajar scada..
    saya bingung langkah awal apa yang harus saya kerjakan..
    mhon pencerahannya..
    trima kasih..

    Like

    Reply
  24. Maryono

    Dear pa Handy….
    Sy punya touchscreen F930GOT Mitsubishi dan V610 Hakko.
    Sy mencoba untuk menghubungkan PLC Omron C200HE sy dgn kedua touchscreen tsb. Ttp setelah sy tapping kedua touchscreen tsb dgn plc ada error di salah satu touchscreen, baik itu Hakko ataupun GOT. Tetapi kalau dihubungkan hanya ke salah satu touchscreen baik itu GOT atau Hakko komunikasi bs normal/lancar.
    Bagaimana supaya kedua touchscreen tsb bs dihubungkan ke satu plc…?
    Btw, komunikasi tsb diatas sudah menggunakan RS422 dan Rs485.

    Thanks…..

    Like

    Reply
    1. komarudin

      pak ada kemungkinana alamat masing-masing touch screen sama, karena bapak bicara menggunakan rs485
      coba gunakan cx integrator untuk setting disisi plc dan rubah address/alamat rs485 masing masing touch scren berbeda antara plc-touchscreen 1-touch screen2

      Like

      Reply
  25. Fathul ihsan

    Assalamualaikum.w

    Salam kenal pada semua bapak2 ahli PLC (bapak Handy bapak Fathoni dll) dan saya seneng ketemu web yang mnjelaskan tentang PLC karena saya masih baru.
    Saya mau membuat komunikasi PLC Siemens S7 200 dan S7 300 dengan Visual Basic atau juga mngkin Delphi.
    Untuk bisa komunikasi itu gimana pak ?
    Mungkin ada artikel atau penjelasan yang bisa bapak berikan agar saya bisa membuat komunikasi PLC-PC karena saya masih nol ttg itu..
    Makasih Banget sebelumnya bapak2 ahli PLC

    Like

    Reply
  26. depe

    lam kenal pak
    q beli netbook 10′ dan q instal cx one setelah di coba di koneksikan ke PLC kenapa tidak bisa untuk transfer leader diagram yang di buat d PC, atau memang netbook nda support, tolong bantu pak agar pc q bisa komunkasi dengan PLC

    Like

    Reply
    1. komarudin

      ada beberapa kemungkinan mas
      kalo notebooknya pake w7 cxone nya versi 4
      tapi kalo xp sih bisa dibawahnya
      coba cek portnya dan settingnya
      -cek juga kabel konfigurasinya benar apa nggak
      comp 2-2 plc
      comp 3-3 plc
      comp 5-9 plc
      comp 8dan 7 di conect

      biasanya sih 3 masalah ini aja penyebabnya

      Like

      Reply
  27. hasim

    mas mau tanya kalo analog input ngga bisa ngebaca thermo cuople apanya ya? padahal anlog input cardnya sdh aku ganti tu mas,tapi sewaktu hari aku gerak2 kan simcard nya muncul tu temperaturnya tapi penunjukan temperaturnya tdk semestinya trus aku matiin powernya temperaturnya ngga ngga ngebaca lg alias hilang menunjukkan temp maximal tuu.tlng dong apanya ya,mas?thanks

    Like

    Reply
    1. komarudin

      maksudnya analog input apa temperature input (exp :cj1w tc01)
      kalo tc ada kemungkinan data setting berubah
      coba cek deh alamat serta setting memorynya

      Like

      Reply
  28. Andri

    Mas mohon pencerahannya, saya mamu mendesain sebuah system yang mengontrol sebuah pemanas, dengan inputan dari thermocouple, saya menggunakan PLC S7-300-314C-2DP. dan akan dikomunikasikan dengan visual basic, yang ingin saya tanyakan, gimana cara setting address dariPLC yang akan saya kirimkan ke VB supaya data address dari PLC bisa terbaca oleh VB dan sebaliknya, misalkan input thrmocouple sy beri address I:000 maka format data yang harus saya kirim ke VB seperti apa, dan dimana settingnya?
    terimakasih

    Like

    Reply
  29. muharja

    mas saya mahasiswa yg lagi menyusun Tugas Akhir,,
    sy mempunyai 2 pertanyaan..
    yg pertama, sy mempunya kendala pada PLC omron CPM2A utk bs conect dr laptop k PLC tsb.. wlpn sdh d atur com nya sama2 com 3 namun tetap saja gak conect??
    yg kedua, mengapa dlm plc yg sy beli tersebut sdh ada program sehingga pada saat di hapus menggunakan alat penghapusnya jg gak bs,, kenapa gak bs d hapus ya?? saya sangat mengharap bantuan mas.. trimakasih..

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Selain com port, yang diatur adalah protokol komunikasi serial, default Omron CPM : baud rate : 9600, data bits : 7, stop bits : 2, parity : Even. Jika masih tidak connect, mungkin protokol komunikasi sudah diubah, di CPM1A pada alamat DM 6650 – 6651, tolong cek di manual CPM2A.
      Untuk program, jika beli bekas mungkin sudah ada programnya. Setahu saya pasti bisa dihapus. Seharusnya dengan mengikuti instruksi di manual, anda bisa menghapus program dari PLC dengan programming console. Apakah anda bisa melhat program dengan console?
      Good luck..

      Like

      Reply
    2. komarudin

      kalo didalam plc nya udah ada program ada kemungkinan plc yang dibeli second (bekas)
      kalo alat penghapusnyua menggunakan apa ya?
      kalo pake komputer coba deh diprogram ulang hanya isi END aja terus ditransfer ke plc

      Like

      Reply
      1. Handy Post author

        Trims advice-nya mas Komaruddin.
        Betul, dengan mengirim END, maka PLC akan menganggap menerima program tertentu.
        Layak dicoba..

        Like

        Reply
  30. rusli

    mas, saya sudah bisa download program ke HMI Touchscren (Omron NS8-TV2) dan program ladder ke Omron CP1H…tapi saya blm bisa mengkomunikasikan HMI tsb dengan PLC CP1H nya…mhon bimbingannya mas..

    Like

    Reply
    1. komarudin

      koneksi antara hmi dengan plc udah bener belum (coba cek manual cp1h)
      data rs komunikasinya udah bener apa blm
      karena biasanya hanya dua hal itu aja penyebab utamanya

      Like

      Reply
  31. Irwan

    Dear P.Handy,
    Saya ada Ethernet Module IFD9506(Delta), saya sudah setting sesuai ebooknya tp koq “present value of monitored devices” tidak muncul ya? Jadi saya berencana mengambil datanya…
    Mohon pencerahannya…
    thx b4

    Like

    Reply
  32. irfan

    kalau untuk monitoring bisa ga mas?misalkan ada sebuah sensor yang bilamana aktif maka dia akan mengirimkan sebuah feedback ke VB,,
    dan bagaimana cara perintah @00RR……. digunakan dan mendapatkan feedback dari PLC nya,,makasih yaaaa

    Like

    Reply
  33. harijanto

    mas handy, tolong dong saya dikirimi gambar lewat email contoh leader diagram analog input yang bisa mendeteksi 0 sampai 10 volt. saya menggunakan CQM1H dan analog inputnya AD041, terimakasih mas, salam kenal

    Like

    Reply
  34. budi

    ada yang taukah, kelebihan HMI touch screen PLC dengan yang HMI biasa? mohon bantuan jika ada yang tau, terima kasih..

    Like

    Reply
  35. edwin_ramadhani

    mas handy ak edwin tmn desmas mas ak mw tanyak nih.. ak pake cj1m cpu21 ak mw dowload kok gk bisa padahal configurasinya saya udah benar ak pake sysmac way (com 2) 1,E,7,2. kemudian ak setting juga com di cpu ku ak samakan tapi ak dowload tetep gk bisa kemungkinan aph ya maz??

    Like

    Reply
  36. hari_guritno

    mas mau tanya, saya pake plc twido CAE40DRF, problemnya ada salah satu output yg kadang2 hilang ( mati hidup). padahal semua input yang berhubungan dengan output tersebut semua sudah 1/NC. apa penyebanya ya mas. apakah output ( coil ) di program plc rusak.
    Mohon bantuanya mas, terimakasih

    Like

    Reply
  37. agustiyan afyanes

    Mas saya mau tanya bagaimana merubah konfigurasi dari S5 ke Et 200?masalahnya eprom yang tersedia 256 dan saat di konfigurasi di PG nya bisa dan konfigurasi pengantian station dan jalur profibusnya bisa tapi ga bisa di download? maksudnya setelah di download hasil konfigurasi tidak terdeteksi?mohon bantuannya…?????

    Like

    Reply
  38. david

    Wadaaaw…senengnya banyak temen2 yg menggeluti SCADA, …HMI, PLC, i/0 server, OPC, DNP 3, telemetry nya, PLC merek anu komunikasi ke PLC merk lain gimana, STARDOM yokogawa ke S7300….nampilin ke HMI merek lain, nampilin data per detik, menit, 10 menit, per jam, punya server 3 unit, tp database harus saling syncronisasi (pusinkk…. foxboro punya), redundant system, fail-over system, redundant networking, …coba praktek PKL ke t4 kerjaku.. di pedalaman sumatra… biar aku gak pusing sendirian… hahahaahha
    Salam
    ridho_hardisk@yahoo.com.sg

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam kenal dan salam pusing mas David.. :D
      Silahkan bagi – bagi ilmu dari lapangan untuk kita semua..
      Silahkan juga kalau ada rekan – rekan mahasiswa yang mau nemeni mas David di Sumatera, langsung di kontak aja :D..

      Like

      Reply
      1. david

        Siaaapp…. 86
        buruan cepetan….. ini mo ambil madu di dalem hutan, mumpung deket station ada madu…. madu yg bisa mencet blackberyy…??#@@##$ssssst
        perusahaan t4 ku bekerja dibidang transmisi pipa gas. terbenatng sekitar 1000 KM di sumatra ampe s’pore. tentunya sepanjang jalur pipa, ada station, metering, radio komunikasi, fiberoptik…dsb… semua data dari lapangan yg jauh itu harus bisa dimonitor dan di control oleh sebuah pusat control. kebayangkan fungsi scada itu? liat forum di atas, kebanyakan ngobrolin program dlem PLC mulu. kalo dit4 ku, itu mah jarang di utak-atik. sekali dibuat pd proyek pertama kali dibangun. ya udah… bertahun2 gak di robah… seringkali trobleshoot kami justru di komunikasi pengiriman data, syncroniasi antar server, sparepart yg udah absolete, kudu kanibal, syncroniasi dgn divisi lain.????… itu yg sering dihadapi.

        tips:, jangan jadi orang yg pintar…. tp yg pintar-pintar…!!!
        salam penink
        david

        Like

        Reply
        1. Handy Post author

          Thanks berbagi kepeningannya mas David :D
          Thanks juga sudah share pengalaman yang sering ditemui di lapangan, di dunia nyata..

          Like

          Reply
          1. Iwan YD

            hehehe @mas David : itu uda tinggi ilmunya syaratnya harus bertapa di PT yang besar, tinggal belajar
            1. Sadap menyadap pake komunikasi RS232
            2. mahir script database (Sql dan lain lain + IT)
            3. punya mainan yang mahal-mahal (DCS, PLC+exp Wifi+GSM Modem dll , HMI, PC yang banyak)
            4. ber doa semoga cepet nyantol (ind: paham)
            5. jam terbang
            terima kasih mas

            Like

  39. rochmat

    salam kenal mas,
    say mau bertany kalau untuk PLC OMRON CJ1 CPU yang mempunyai memori cukup besar tipe apa ya?
    sama kelebihan dari CJ1 dengan PLC brand lain apa?
    seperti siemens, twido dll

    Like

    Reply
  40. Stev Yamamoto

    betul sekali @iwan yd … namun bukan berarti cj1 sudah tidak eksis ….. cj1 yang tipe memory besar dan response cepat adalah yang seri cpu-2x … (kepala 2) salam kenal juga bro dari surabaya :)

    Like

    Reply
    1. Iwan YD

      salam kenal juga mas bro, dengan harga + stock + cable connection (uda USB) mending yang CJ2M – cpu 12 expandnya pake CJ1W series, semua database dll mending di bebankan ke HMI, bisa makan scan time kalau ada aplikasi High Speed Counter ato interupt, thanks,

      Like

      Reply
  41. benny

    mau tanya Mas..
    gimana supaya input plc omron cpm 1a bisa mendeteksi output dari rotary encoder supaya bisa di pakai untuk masukan lader diagram cnt? o iya Rotary encodernya saya memakai Omron e6b2-cwz1x.

    mohon pencerahanya Mas.. kalau bisa contoh diagramnya kirim ke emailku.
    makasih,,,

    Like

    Reply
  42. agus

    saya, ingin belajar lebih jauh mengenai plc, kebetulan saya dapat plc bekas, type twido TWDLMDA20DRT software twidosuite sudah saya download, tapi kabel untuk program ke plc nya tidak punya….mohon bantuan skema untuk membuat kabel program sendiri dari PLC (miniDIN) ke PC..trims

    Like

    Reply
  43. Gordon

    gan gmn cranya klw PLC yg kt gunakan bz trbaca di progam cx-programmer yang kita punya pada pc kita, krn plc yg sys gunakan edalah jenis plc baru dan jenis plc ini tidak ada pada software cx-programmer yg z gunakan….

    Like

    Reply
    1. Gorodon

      ok makasih mas…
      llu cra upgrednya gimana mas…. bz arahkan saya
      cx-programmer yang sy gnakan adalah V 5.

      Like

      Reply
  44. Gorodon

    salm knl mas bro…
    gmn cranya spy PLC yg sy gnkan bz terbaca pada Software (cx-programmer) yang sya gunakan, krn tipe PLC yang sy gunakan tdk ada di aplikasi PLC cx-programmer.
    type PLC yg sy gnkan adalah OMRON CP1E.

    Like

    Reply
  45. belinia

    say pusing kalo tori plc .tolong bantu saya untuk langsung praktek.tolong bantu ya input data dan codingnya.syuku dengan video. dari buka file.sampe input.tolong bantu ya tentang sneider twido thx

    Like

    Reply
  46. fiky

    mas mau tanya ditempat saya ada plc type fatek fbs-10mct nah apa bisa saya mendownload program yang sudah dijalankan di mesin plc tersebut? intinya saya mau backup itu cara kerja progam, apa bisa sedangkan mesin tersebut tidak memiliki lcd untuk interfacenya , mohon bantuanya

    Like

    Reply
    1. komarudin

      Mas harus punya programmernya (bisa di download di webnya fatek,),plus kabel komunikasi dari komputer ke plc (bisa dibuat configurasinya juga ada dimanual fatek)

      Like

      Reply
  47. Yono

    Salam kenal semau…
    Saya mau belajar PLC di mana ada tempat kursusan yang baik di derah jawah tengan.apa di sekitaran semarang.saya tinggal di pati..termim sebelumnya.

    Like

    Reply
  48. Wahyuni Putri

    assalam mas..
    perkenalkan saya putri mahasiswa s1 teknik industri unand.
    saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir berhubungan tentang plc.
    saya menggunakan plc siemens s7-300 dan software simatic s7.
    saya mau nanya, gimana menghubungkan antara plc dengan input (pada kasus ini, saya menggunakan heat sensor untuk mendteksi kebakaran pada batubara) dengan plc? dan bagaimana pula menghubungkan output (motor konveyor dalam kondisi off) dengan plc?
    sekian, terimakasi.
    wassalam..

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s