Simulator PLC di internet

Buat teman – teman yang sedang mulai belajar PLC, pasti pernah mencari – cari PLC simulator di internet. Saat mula – mula saya mengajar, saya juga sering mencari mana simulator yang cocok.

Screenshot Trilogi PLC Simulator

Hari ini saya mencoba lagi dan mendapatkan 5 situs yang cukup baik :

http://www.tri-plc.com/trilogi.htm#register

  • Trilogi ini menurut saya beberapa tahun lalu adalah salah satu software yang cukup lengkap dan komprehensif. Mulai instruksi dasar dengan coil dan contact, timer dan counter, sampai beberapa fungsi lanjut seperti sequencer ada di simulator ini. Bahkan kita juga dapat membuat custom function dengan bahasa Tbasic (salah satu varian basic).

http://www.thelearningpit.com/plc/psim/psim.html

  • Psim ini mungkin termasuk software kuno, masih berbasis DOS, dan digunakan khusus untuk PLC Allen Bradley. Jadi, kalau anda belajar PLC dengan merk tersebut, akan sangat cocok menggunakan simulator ini. Salah satu kelebihannya ialah juga menampilkan latihan – latihan dengan tampilan grafis untuk aplikasi : pengisian minuman, pencampuran, dan traffic light.

http://www.andrebarbosa.eti.br/
SimuPLC%20Eng/DownLoad_Eng.htm

  • Software ini belum pernah saya coba, tapi melihat screenshot-nya kelihatannya cukup menarik. Satu – satunya yang tidak butuh registrasi saat download :).. Silakan dieksplorasi sendiri.

http://www.schneider-electric.co.uk/electricity.nsf/
electrical-support/software-downloads

  • Zelio adalah “smart relay” dari Schneider, yang dapat diprogram dengan ladder diagram layaknya PLC. Saya langsung “jatuh cinta” dengan kesederhanaan pengalamatan dan pembuatan ladder diagramnya. Tampilannya juga cukup menarik.
  • Sampai sekarang saya gunakan untuk mengajar di Elektro – UK Petra.

http://www.plcsimulator.net

  • Simulator PLC secara online (tersambung ke internet).
About these ads

69 thoughts on “Simulator PLC di internet

  1. Fathoni

    hmm…..

    kalo aku biasanya pake :
    – ABCIT untuk Siemens S7
    – RS Emulator untuk Allen Bradley
    – InControl untuk Invensys/Wonderware Product

    kelebihannya yaitu selain kita bisa mensimulasikan ladder atau program yang kita buat, juga bisa konek langsung ke HMI/SCADA
    (dengan OPC ataupun DDE)

    Like

    Reply
  2. handyw Post author

    @Fathoni : Terima kasih infonya Mas Fathoni, tapi apa simulatornya free Mas? Karena untuk mahasiswa carinya biasanya kan yang free :). Kapan – kapan saya mampir ke blognya mas, supaya bisa diskusi lagi..

    See u..

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      @Wawan : Aku sudah pernah coba dan jalan Mas Wawan.. Pernah saya pake ngajar pertama kali juga..
      Gak jalannya dimana ya?
      Maaf lama baru balas..
      SAlam.

      Like

      Reply
  3. daniel

    makasih mas atas sharingnya.. saya lebih suka mengunakan keyence karena bisa langsung mensimulasikannya tanpa terhubung dengan plc.. (meski ga dibayar saya promosi nih hehehe)

    Like

    Reply
  4. RESTU

    saya mau nyusun tugas akhir menggunakan PLC,tapi dari pembimbing minta saya membuat 2 coding,yang pertama menggunakan diagram tangga dan yang kedua menggunakan assembler.
    yang saya ngerti cuman make diagram tangga, ada yang tau gak caranya ato tutorrial nya coding lewat assembler, lo ada tolong kirim ke e-mail saya yah
    thanks untuk master nya PLC
    gaptekbngt@gmail.com

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Mas Restu, pake assembler itu maksudnya gimana?
      Memang kalau standar pemrograman PLC (biasanya ada di PLC yang baru – baru) ada 1 bahasa yang mirip dengan assembly, disebut Instruction List (IL). Kalau ini yang dimaksud, sampeyan perlu cari programming manual PLC ybs, dan bisa belajar dari situ.
      Atau sampeyan mau memprogram dengan assembly dari mikro? Nah ini agak sulit, berarti Anda harus bisa akses data di dalam PLC dengan protokol khusus PLC. Setahu saya kalau Omron, harus belajar menggunakan host link communication, untuk komunikasi RS 232, bisa antara mikrokontroler dan PLC.

      Semoga gak tambah bingung :)

      Like

      Reply
  5. restu

    wah tambah bingung……..
    tapi thanks infonya mas handyw
    maksudnya coding menggunakan bahasa mesin nya cpu, nah mikrokontroler kan biasanya codingnya lewat assembler gitu,jadi maksudnya ya bener katanya mas handyw harus tau alamat host link nya yang pake RS 232

    mas ada punya artikel dasarnya gak, lo ada bagi yah……
    thaks…….

    Like

    Reply
  6. restu

    saya mau membuat aplikasi monitoring sistem parkir gedung bertingkat, ntar lo ada trouble ku boleh sharing yah……….
    thanks b4

    Like

    Reply
  7. restu

    saya masih agak bingung di masalah counter digital,cara kerja project saya mungkin sederhana, begitu sensor photoswitch1 mendapat input dari mobil yang masuk maka akan mengirim sinyal ke counter digital,sehingga pada counter digital menjadi angka 1, begitu seterusnya 2,3,4,sampai batas maksimal yang kita tentukan,nah apabila sensor photoswitch2 pada pintu keluar mendapat input dari mobil yang akan keluar,maka akan mengirim sinyal kepada counter digital,yang menandakan kendaraan pada lantai tersebut sudah berkurang.jadi logika cara kerja counter digital berdasarkan jumlah mobil masuk (PH 1) dikurangi jumlah mobil keluar (PH2). nah masalahnya gimana cara mengirim sinyal ke counter digital untuk PH2,dengan mengurangi dari input PH1.disitu yang saya masih bingung
    ada yang bisa bantu……..

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Mas Restu, sampeyan pake PLC atau nggak? Kalo PLC kan counter di dalam PLC, jadi berupa instruksi program. Sehinnga kalo naik turun tinggal setting programnya aja.
      Kalo tidak, dari sensor langsung ke counter digital, ya harus modifikasi di rangkaian inputannya. Memang agak rumit kalo langsung. Lebih cocok pake PLC, atau mikrokontroler jadi main – main saja di programnya.
      Teman – teman lain ada yang bisa bantu?

      Like

      Reply
  8. restu

    tetep pake plc, out putx juga langsung ke digital counter ( nomor digital seperti di lampu merah ),klo programnya sudah bisa mas, cuman yg outx ini yg bingung, coz counter digital sekarang yg umum yg saya tau cuman untuk menambahkan ato ngurangin aja, gak bisa langsung 2 fungsi, dimana 1 output dari plc untuk menjumlah berarti menambahkan di digital counterx and output dr plc utk penguranganx berarti untuk ngurangi angka itu,nah jadi aplikasi parkir yg mau saya buat nantix pengendara sudah bisa tau di lantai berapa ada tempat yang kosong,ya melalui digital counter tadi ( nomor digital seperti di lampu merah )
    ada masukkan gak……….

    alternatifx klo gk pake digital counter…..

    Like

    Reply
  9. wahyu

    Mas Bisa Minta Program Wonderwareintouch untuk latihan scada,
    kalo ada thaks.
    ato kasih tahu dimana dowloadnya atao belinya..

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Mas Wahyu, setahu saya program ini bukan freeware.
      Kalau saya dapat karena univ kami beli versi aslinya di PT Trimaxindo, distributor Wonderware di Indonesia. Atau kalau Anda ikut seminar Wonderware, biasanya mereka memberi CD Demo-nya. Tapi saat saya cek, ada tulisan dilarang memperbanyak..
      Jadi untuk download free yang legal mungkin tidak ada.

      Teman – teman lain ada yang bisa bantu?

      Like

      Reply
  10. Antoni Susiono

    Halo Mas Handy, pa kbr? he3 (biasanya panggil BAPAK)
    thank atas sharingnya, aku dah donlod si ZELIO and berhasil…
    buat simulasi (dpt tgs dr bos) he3…
    btw ada yg tau dimn bsdonlod simulator gratisan yg ada komponen industrinya ky silender, relay, valve, dll…. yg bs langsung disimulasikan plant dan electricnya?
    soalnya seingetku dul wkt kul ada tuh yg ky gitu … he3
    thank before….. maju trs ELEKTRO UKP he3

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas fidi, untuk bisa mengambil file – file di situ harus jadi member dulu.
      Jad daftar, setelah itu login, kembali ke halaman yang sama dan seharusnya dah bisa didownload.
      Selamat belajar..

      Like

      Reply
  11. Muliadi

    To Mas Restu,
    Kalau anda mengunakan Up/Down Counter, masalah itu bisa diatasi dgn memanfaatkan input A dan B. Tapi kalau mau lbh mudah, lebih baik pakai 7 segment saja, biar PLC yg hitung.
    Semoga bermanfaat.

    Like

    Reply
  12. Nuari Hidayat, ST

    Salam kenal Mas Handy, Saya Nuari Hidayat saya salah satu Staf Pengajar di Jurusan Teknik Elektro Universitas Borneo Tarakan Kal-Tim.. ketika saya menemukan blognya mas Handy, say menemukan dunia saya, apa yg sy cr selama ini akhirnya sy temukan, sy sangat konsen ingin memperdalam Automation walaupun sebenarnya sy orang Power, tp sy sangat hobi Automation.. dan sy sdh menemukan guru yg sangat luar biasa seperti mas handy, sy senang bs tau blog ini jd sy bs dengan mudah memperdalam ilmu tentang Automation. ingin sekali rasanya sy bs berbicara panjang lebar dengan mas Handy,

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam kenal juga Mas Nuari. Senang bisa sedikit membantu Anda dengan tulisan di blog ini. Saya juga punya mimpi pendidikan di pulau – pulau selain Jawa juga ikut maju..
      Silakan jika ada pertanyaan dan diskusi, akan saya bantu sebisa mungkin.
      Terima kasih

      Like

      Reply
  13. yulius harsan

    slam knal, sya harsan dr Politeknik Manufaktur, sy lg bkin TA ttg automation n minta bantuan penting ttg jenis2 PLC, spek n hargana,,yah selengkapna lah mngenai PLC yg da di pasaran,,budget 5 jt!
    sy d kmps biasana pake Keyence, enaknya ladderna gampang dimengerti n ada simulatorna, tp syng hargana mahal,,nah klo da yg tw ttg Jenis n merek2 PLC dbwh 5 jt bs di reply ke yulius_harsan@yahoo.com
    thx a lot

    Like

    Reply
  14. R.Wahyono

    Ada yang bisa bantu dapetin softwarenya Programing plc mitsubishi dan omron ? Sya pernah download plc omron dalam bentuk ZIP tapi tidak bisa saya buka karena dimintainya pasword. Ada yang gratisan ndak ya?

    Trims

    Like

    Reply
  15. rudi

    selsmat malam mas….saya rudi,saat ini saya sedang belajar PLC Mitsubishi…namun saya cari freeware versionnya di internet hampir tidak ada…
    bila mas tidak keberatan,bolehkah saya meminta softcopy dari software GX developer mitsubishi

    Like

    Reply
  16. ian

    Salam kenal Mas Handy,
    siapa tau ada yang butuh PLC second,
    Keyence KV-24AT,Nais FPO-C32CT,Omron CPM1A 40CDRA
    dijual murah Hub.081321406480

    Like

    Reply
  17. maman.r

    salam kenal mas
    maungkin ada yang mau bantu informasi,saya nyari kabel data/communition dari PC ke PLC mitsubishi malsec A2Sh,atau ada diagram kabel communiksainya antara PC dengan PLC
    sebelumnya saya ucapin terima kasih

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Prinsipnya : buat program, running simulasi, perhatikan input – output simulator.
      Keuntungan : untuk belajar pemrograman PLC (atau mengecek kebenaran program) komputer tidak perlu tersambung dengan PLC (yang relatif mahal).
      Jadi cukup dengan PC saja..

      Like

      Reply
  18. Penda

    saya mau tanya, saya mau buat skripsi pake PLC dengan sistem scada…Tapi saya bingung menentukan buat aplikasinya karena ditempat kuliah saya untuk topik PLC tidak boleh “maket” alias ukuran harus 1:1….

    Like

    Reply
  19. joenai

    ada yang bisa bantuin ane ,, tolong

    ane dapat tugas membiikin rangkaian lampu flip flop menyala secara bergantian dengan rentang waktu 3 detik ??

    ane pakai plc twido schneider

    Like

    Reply
  20. Feri

    Pk Handy, mohon pencerahannya, sya rencananya mau TA dg PLC + HMI W intouch, tp masalhnya PLC itu mahal, nah kalo saya ganti dengan Arduino Mikrokontroller untuk komunikasinya ke WW pakai software apa?

    2. Kalau sya pke Zelio dr Schneidher (pilihan setelah arduino krna lebih murah dibanding PLC) konek ke Wonderware intouch pakai apa?

    traderku12@gmail.com

    Thanks

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s